iNews Ajak Generasi Milenial Pahami Jurnalisme di Era Digital

02 Mei 2019, 18:59 WIB


JAKARTA, iNews.id, – Setelah digelar di sembilan kota besar Indonesia, workshop mobile journalism yang diselenggarakan stasiun televisi iNews dan iNews.id akhirnya berlangsung di Jakarta. Mengangkat tema “Jurnalis Era Digital”, acara ini disambut antusias ratusan mahasiswa dari berbagai universitas di Jakarta.

Sejumlah materi diberikan oleh narasumber dalam workshop kali ini antar lain kiat sukses menjadi YouTuber, strategi konten berbasis data analitik YouTube serta penulisan naskah, reportase, pengambilan video, grafis dan editing.

Jurnalis sekaligus presenter berita (news anchor) MNC Media Tommy Tjokro menuturkan, saat tampil di depan kamera, dirinya harus memastikan semua informasi tersampaikan dengan benar. Artinya, informasi itu mesti tepat sasaran, padat, juga berisi.

"Unsur kedekatan‎ itu penting. Siapa pun yang akan tampil di depan kamera, baik itu melalui gadget ataupun kamera lainnya harus bisa dekat dengan siapa pun yang menonton dan itu saya rasa menunjang selain konten yang baik," kata Tommy saat memaparkan materinya di iNews Tower, Jakarta, Kamis (2/5/2019).

Sementara itu Country Manager Strategic Partnership YouTube Indonesia Geri Azriel Siddik mengatakan, para YouTuber harus memperhatikan 10 hal penting untuk membangun video yang baik dan bagus ditonton. Salah satunya konsistensi.

"Menjadi YouTube creator sukses di Indonesia paling penting adalah konsistensi di YouTube. Konsistensi dari segi jadwal, format konten, atau personality-nya. Intinya adalah bagaimana cara kita buat orang ingin subscribe," ujarnya.

Jakarta merupakan kota terakhir yang disinggahi roadshow pelatihan mobile journalism di 10 kota dalam rangkaian iNews Mobile Journalist Competition 2019 (MoJoC2019). Acara serupa telah digelar di Medan, Denpasar, Surabaya, Makassar, Yogyakarta, Palembang, Solo, Bandung dan Semarang.

Untuk diketahui, iNews merupakan satu dari lima media di Indonesia yang menerima dukungan dana inovasi YouTube. Sebelumnya, ratusan proposal dari beragam lembaga penerbitan, penyiaran, sampai agensi dan kreator konten di seluruh dunia telah diterima oleh Google.

MoJoC 2019 sejalan dengan komitmen Google terhadap jurnalisme berkualitas dan semangat untuk inovasi yang menjadi misi program Google News Initiative (GNI).

Pada workshop di Jakarta ini YouTube juga memberikan Silver Button Award untuk kanal-kanal program iNews, RCTI dan MNCTV. Mereka yang mendapatkan tombol silver ini yaitu Seputar iNews, iSeleb, Lintas iNews, Alvin and Friends, dan Jakarta Socialite.

 

Sumber : www.inews.id