Kegiatan sosial yang dilakukan oleh Perseroan merupakan wujud atas keprihatinan dan kepedulian terhadap persoalanpersoalan sosial yang terjadi di negeri ini. Kepedulian tersebut diwujudkan melalui berbagai kegiatan sosial baik yang dilakukan oleh Perseroan maupun grup unit-unit dibawah Perseroan dan Yayasan Jalinan Kasih yaitu lembaga sosial yang dibentuk oleh Perseroan untuk menampung dana pemirsa dan bantuan kemitraan.

Kegiatan Sosial yang dilakukan oleh Perseroan dan Group
Perseroan sebagai perusahaan yang bergerak di bidang media, maka kegiatannya pun disesuaikan dengan bidang usahanya. Kegiatan sosial dilakukan secara integrasi dengan unit-unit lain dibawah Perseroan dan Grup.

Pada tahun 2015, Perseroan atas namanya sendiri mengadakan kegiatan sosial diantaranya adalah:

  • Bidang pendidikan: media literasi di Lombok-NTB, kegiatan seminar di bidang hukum;
  • Bidang olahraga: bantuan untuk olahraga tinju di Palembang, bantuan untuk olahraga pacuan kuda di Lombok-NTB;
  • Bidang keagamaan: kegiatan agama Islam di bulan Ramadhan, donasi hewan qurban, kegiatan agama Kristen pada hari Natal;
  • Bidang bakti sosial: bantuan sembako di Jabodetabek, renovasi tandon air bersih di Jawa Timur, instalasi dan pipanisasi air bersih di Jonggol Jawa Barat, baksos di Batam, pemberian bantuan bagi korban bencana Gunung Kelud dan Longsor di Banjarnegara, donor darah di wilayah Jakarta.

Kegiatan sosial yang dilaksanakan oleh unit grup media dibawah Perseroan secara integrasi dan sinergi dengan bisnis masingmasing unit usahanya, yaitu:

PT Media Nusantara Citra Tbk (MNC)

Untuk mencapai kegiatan yang sinergi dan terintegrasi, MNC mengajak unit-unit bisnis dibawahnya untuk melaksanakan kegiatan sosial bersama-sama, yaitu dalam:

  • Bidang pendidikan: melaksanakan media literasi di Batam, Mataram/Lombok dan yang menerima kunjungan dari sekolah-sekolah atau Universitas di seluruh Indonesia, bantuan peralatan sekolah bagi anak tidak mampu;
  • Bidang keagamaan: bantuan dana untuk kegiatan Maulid Nabi, sumbangan hewan Qurban;
  • Bidang Infrastruktur: bantuan pembuatan jembatan dan renovasi sekolah dalam rangka kegiatan Ekspedisi NKRI 2015;
  • Bidang Baksos: pengobatan gratis di Tegal, Garut, Gorontalo, Bangka, Purwokerto, dan kegiatan donor darah di Jakarta.

PT MNC Sky Vision Tbk (MSKY)

Sebagai unit group dibawah Perseroan yang bergerak di bidang TV berbayar, MSKY juga mengadakan kegiatan sosial disesuaikan dengan bisnisnya, meliputi:

  • Bidang pendidikan: media literasi di Batam, Mataram dan beberapa kota besar lainnya;
  • Bidang infrastruktur: pembuatan jembatan dan renovasi sekolah dalam rangka Ekspedisi NKRI 2015. Selain itu, MSKY juga melaksanakan program pemberian perangkat Indovision di area fasilitas umum dan di daerah yang terkena bencana alam longsor dan banjir;
  • Bidang keagamaan: bantuan untuk acara buka puasa di bulan Ramadhan;
  • Bidang bakti sosial: bantuan untuk korban banjir bandang di area Kedoya Utara Jakarta, donor darah di area Jakarta, bantuan untuk korban longsor, donor darah, pelaksanaan fogging DBD di area Jakarta, bagi sembako untuk para janda di wilayah Jakarta barat.


Kegiatan sosial yang dilaksanakan oleh Yayasan Jalinan Kasih [YJK]

Pada awalnya YJK dibentuk dan fokus untuk memberikan pelayanan di bidang kesehatan. Saat ini akan berkembang dan merambah ke bidang pendidikan. Sejalan dengan visi perusahaan, maka kegiatan sosial yang dilakukan baik oleh Perseroan maupun YJK harus dengan kecepatan dan kualitas yang baik serta berjalan secara sinergi.

Sementara itu, YJK telah melaksanakan kegiatan sosial pada tahun 2015 yang meliputi:

  1. Baksos umum & gigi di Lebak Banten;
  2. Baksos umum di Maumere, Alumni Saint Maria;
  3. Operasi massal hernia di Gombong Jawa Tengah-RS PKU Muhammadiyah Gombong;
  4. Baksos kacamata baca minus untuk anak-anak SD di Jakarta & Bekasi;
  5. Operasi massal hernia di Cikarang Bekasi;
  6. Operasi massal hernia di Sukabumi-RS Islam Asyiffa.


Dalam pelaksanaan kegiatan operasi massal bibir sumbing, YJK telah menjalin kerjasama dengan beberapa rumah sakit di Indonesia untuk memudahkan pelaksanaan operasi tersebut, yaitu:

‘MNC Spirit’ – Komitmen Perusahaan Atas Kegiatan Kepedulian
Untuk meningkatkan kegiatan sosial yang dilakukan oleh Perseroan dan mewujudkan komitmen Perseroan dibidang sosial, maka pada akhir tahun 2015 telah dikukuhkan dan dibentuk suatu ‘gerakan’ yang disebut MNC Spirit dengan berfokus pada 3 pilar utama untuk kesejahteraan, yaitu pembangunan sarana dan prasarana, pemberdayaan petani/nelayan/UMKM dan kesehatan.

Kegiatan Pembangunan sarana dan prasarana, Perseroan akan fokus kepada pembangunan dan perbaikan jembatan yang rusak, khususnya jembatan gantung. Hal ini ditujukan agar Masyarakat setempat mendapatkan kemudahan akses dan diharapkan akan berdampak kepada peningkatan perekonomian di daerah tersebut.

Kemitraan UMKM dan Pemberdayaan petani dan nelayan, dengan cara memberikan modal dan peralatan bagi petani dan/atau nelayan yang membutuhkan, serta melakukan pendampingan untuk meningkatkan pengetahuan dalam praktik pengolahan pertanian, perikanan dan UMKM.

Dalam bidang kesehatan, bekerjasama dengan YJK melakukan pengembangan program sosial di bidang pendidikan. Selain kegiatan yang telah dilakukan oleh YJK yaitu perbaikan fisik seperti operasi bibir sumbing dan operasi Hydrocephalus, membantu penderita sakit Hernia dan Katarak untuk dapat melakukan operasi.

Dengan pengembangan dan komitmen Perseroan terhadap permasalahan sosial ini, maka peran serta Perseroan untuk dapat meningkatkan kesejahteraan Masyarakat Indonesia akan dapat terwujud.