Perseroan memiliki Unit Audit Internal sebagaimana diwajibkan dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No. 56/POJK.04/2015 tanggal 29 Desember 2015 tentang Pembentukan dan Pedoman Penyusunan Piagam Unit Audit Internal. Unit Audit Internal bertugas memberikan pandangan, keyakinan (assurance) dan konsultasi yang bersifat independen dan obyektif, dengan tujuan untuk meningkatkan nilai dan memperbaiki operasional Perseroan, melalui pendekatan yang sistematis, dengan cara mengevaluasi dan meningkatkan efektivitas sistem pengendalian internal, manajemen risiko dan proses GCG Perseroan dan unit unit usaha.

Kepala Audit Internal Perseroan tahun 2015 dijabat oleh Mahdan Ibrahim. Beliau bergabung dengan Perseroan bulan September 2014 setelah 25 tahun bekerja di sektor perbankan mulai dari Citibank, HSBC, Bank of Tokyo Mitsubishi UFJ Ltd dan terakhir di PT Bank DBS Indonesia dengan posisi terakhir sebagai Direktur Kepatuhan. Beliau lulus dari Universitas Indonesia tahun 1987 jurusan Akuntansi dan meraih gelar Magister Akuntansi dari Universitas Indonesia bulan Juni 2010. Penunjukan beliau sebagai Kepala Audit Internal Perseroan telah dilaporkan kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berdasarkan surat No. 121-OJK/BMTR-CS/INT/VI/2015 tertanggal 19 Juni 2015.

Struktur kedudukan audit internal sebagai berikut:

  • Unit Audit Internal dipimpin oleh seorang Kepala Unit Audit Internal/Chief Audit Executive (CAE).
  • CAE diangkat dan diberhentikan oleh Direktur Utama atas persetujuan Dewan Komisaris.
  • CAE bertanggung jawab kepada Direktur Utama dan secara administratif bertanggung jawab kepada Direktur Kebijakan Grup dan Sumber Daya Manusia.

Sesuai dengan Piagam Unit Audit Internal Perseroan yang telah disetujui oleh Dewan Komisaris dan Direksi, secara garis besar tugas dan tanggung jawab Unit Audit Internal sebagai berikut:

  • Menyusun serta melaksanakan rencana Audit Internal tahunan.
  • Menguji dan mengevaluasi pelaksanaan pengendalian internal dan sistem manajemen risiko sesuai dengan kebijakan perusahaan.
  • Melakukan pemeriksaan dan penilaian atas efisiensi dan efektivitas di bidang keuangan, akuntansi, operasional, sumber daya manusia, pemasaran, teknologi informasi, dan kegiatan lainnya.
  • Melakukan pemeriksaan kepatuhan terhadap peraturan perundangan terkait.
  • Memberi saran perbaikan dan informasi yang obyektif mengenai kegiatan yang diperiksa pada seluruh tingkat manajemen.
  • Membuat laporan hasil audit dan menyampaikan laporan tersebut kepada Direktur Utama dan Dewan Komisaris.
  • Memantau, menganalisa dan melaporkan pelaksanaan tindak lanjut perbaikan yang telah disarankan.
  • Bekerja sama dengan Komite Audit/ mendukung pelaksanaan tugas Komite Audit.
  • Menyusun program untuk mengevaluasi mutu Audit Internal.
  • Melakukan pemeriksaan khusus apabila diperlukan.

Sejalan dengan rencana pemeriksaan tahun 2015, pada tahun berjalan Unit Audit Internal menjalankan penugasan audit yang meliputi unit-unit usaha dengan total penyelesaian 176 penugasan audit yang mencakup aktivitas operasional (81%), finansial (8%) dan project (11%).

Untuk mendukung koordinasi antara Perseroan sebagai induk perusahaan dengan unit usaha, Unit Audit Internal melakukan rapat mingguan untuk membahas proses audit di semua unit usaha, rapat bulanan dengan Direksi, serta rapat kuartalan dengan Komite Audit.

Hasil pemeriksaan beserta rekomendasi perbaikan telah disampaikan kepada Dewan Komisaris, Komite Audit dan Direksi dalam pertemuan kuartalan. Pengawasan atas kepatuhan dan perbaikan oleh unit usaha atas rekomendasi terkait dengan temuan Unit Audit Internal dilakukan secara berkala untuk memastikan adanya perbaikan atas temuan sebelumnya.