MNC Animation dan Global Partners Dukung Industri Animasi di Indonesia

30 Okt 2017, 19:47 WIB


JAKARTA - Nota Kesepahaman atau MoU ditandatangani oleh MNC Animation dengan Toon Boom, Autodesk, Lenovo and Huion di Jakarta pada Minggu, 29 Oktober 2017.

Inti dari MoU ini adalah adanya dukungan Toon Boom, Autodesk, Lenovo and Huion terhadap Animation Development Program (ADP) yang diselenggarakan oleh MNC Animation untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja di industri animasi.

Mr Bernard, Sales Director Asia Pacific of Toon Boomdan Mr Matthew Clayton Deewes, Asean Media and Entertainment Industry sales Manager of Autodesk, dalam kesempatan ini menjelaskan bahwa mereka memberikan dukungan berupa perakat lunak / software terbaik mereka yaitu Toom Boom dan Autodesk Maya Software.

Kedua perangkat lunak ini merupakan kebutuhan dasar dan utama dalam memproduksi animasi, baik dalam format 2D maupun 3D, dan ini untuk dapat digunakan oleh seluruh peserta program ADP.

Mr Johny Dermawan, Enterprise Segment Director of Lenovo menjelaskan bahwa dukungan Lenovo dalam program ini berupa penyediaan dari kebutuhan dari Hardware dapat digunakan oleh seluruh peserta program ADP. Begitu pula dengan Mr Henry Xu Hefeng, Chairman of Huion, beliau turut hadir dan mensupport dalam program ini berupa melalui penyediaan Huion Tablet Graphics Drawing, di mana ini yang sangat dibutuhkan dalam pekerjaan animasi.

Mrs Ella Kartika, CEO of MNC Animation dan Mr Seung Hyun Oh, CCO of MNC Animation menjelaskan bahwa kerja sama antara MNC Animation dengan partner industri kreatif lainnya seperti Autodesk, Toon Boom, Huion, dan Lenovo dapat membantu industri animasi di Indonesia yang diperkirakan bisa menjadi pasar besar.

Animation Development Program sudah berlangsung dua gelombang, di mana gelombang ketiganya akan di mulai per awal 2018. Melalui program ini, MNC Animation ikut dalam upaya konkret mendorong pertumbuhan industri animasi di Indonesia. Sampai saat ini jumlah animator yang mumpuni di Indonesia masih terbatas dan belum bisa memenuhi permintaan industri. Atas dasar itulah, MNC Animation membuka Animation Development Program.

Melalui program ini, para kandidat dilatih dan dinilai selama 3 bulan. Kandidat yang lolos akan langsung dapat bekerja di MNC Animation. Dari kedua gelombang tersebut, MNC Animation telah memperkerjakan 94 kandidat.

Selama program ADP ini, seluruhkan di data dan dibekali materi yang nantinya dapat diaplikasikan dan berguna dalam dunia kerja animasi. Para kandidat juga akan diberikan gaji selama 3 bulan saat mengikuti pelatihan program tersebut dan diberikan sertifikat yang dikeluarkan oleh MNC Animation.

 

Sumber: www.sindonews.com